Buzz!!!

Nah! Saya muncul lagi di blog ini. Wuih… coba tuh liat tanggal post sebelumnya… dah lama juga ya? Dah hampir 2 tahun vakum di sini. Sebenarnya sih saya belum berhenti menulis. Tetapi intensitasnya memang sepertinya berkurang. Saya tetap menulis, lumayan panjang, bahkan dalam bahasa formal! Kalau dihitung waktunya sampai triwulan ketiga 2008… setidaknya saya sudah menulis sampai hampir 100 halaman. Tau itu apa? Namanya Tugas Akhir😀.

Saya akui, belakangan saya sudah jarang baca buku. Entah kenapa minat baca jadi turun. Jadi ya tidak aneh juga kalau sekarang saya agak kesulitan menulis. Apalagi kalau menulis fiksi-fiksi yang memang tidak pernah jelas. Sulit sekali mengeluarkan kata-kata yang unik. Kesannya jadi biasa, singkat tapi hambar. Katanya, penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Kalau mau menulis dengan baik, ya harus membaca.

Kadangkala saya kesasar ke blog orang, atau menonton film yang inspiratif. Banyak kata-kata dan quotes yang menurut saya brilian -dan bikin ngiri. Ingin menciptakan juga, tapi sudah terlalu tumpul. Jadinyalah saya sadur saja. Sekadar tempel di tumblr saya dan memberikan sumbernya.

Baru kemarin ini saya tiba-tiba “kangen” dengan blog-blog yang lama saya tinggalkan. Salah satunya blog ini. Salah duanya blog “djendela”. Dan saya pun mengadakan “reunian” dengan keduanya. Saya membaca ulang tulisan-tulisan saya, plus komentar-komentarnya. Terinspirasi dari istilah “Y!Mostalgia” yang dicetuskan teman saya ini, aktivitas inipun saya namakan… *eng ing eng*

… BLOGSTALGIA …

Haha, sangat tidak kreatif. Yah begitulah, saya ber-blogstalgia dengan dua blog tersebut. Ternyata lumayan banyak juga tulisannya -meskipun kebanyakan tulisan tidak jelas😀. Terutama di blog “djendela”. Sepertinya masa produktif saya menulis terjadi dalam rentang tahun 2006.

Melihat tulisan-tulisan itu, reaksi pikiran pun macam-macam. Saya jadi seperti bisa “melihat diri dari luar”. Ada sosok saya yang positif, yang garing, yang metal (mellow total), yang melankolis, yang norak, dan yang sangat kekanakan. Satu hal yang menjadi perhatian saya adalah, di beberapa tulisan, saya bisa berhasil mengeluarkan kata-kata yang bagus -sesuatu yang sekarang jarang terjadi. Saya kadang masih menulis puisi atau potongan cerita, tetapi sepertinya tidak bisa keluar kata sebagus di situ. Ini jelas penanda bahwa kemampuan menulis saya sudah jauh turun. Dari situlah saya jadi ingin mengembalikannya lagi. Teringat pesan Aa Gym: “3M”. Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai saat ini.

Maka, Bismillah


About this entry